Rabu, 02 Mei 2012

search engine

TUGAS TIK
GURU PEMBIMBING : Bp. Sidiq Nur Prasetyo
50498_56750199778_1546234_n.jpg

Disusun Oleh  : Ida Fitriana (15)


XI IPA UNGGULAN 1
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
SMA N 1 CAWAS


SEARCH ENGINE

            Search Engine atau yang biasa disebut dengan Mesin pencari adalah suatu program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
Macam-macam Search Engine :
1. Google                        

gl.jpg       goo.jpg

Google didirikan oleh dua orang mahasiswa dari universitas Stanford yaitu Larry Page dan Sergey Brind. Mereka mendirikan Google ketika mereka masih kuliah. Perusahaan Google Inc bermarkas di Mountain View, California Amerika Serikat. Kata Google berasal dari kata googol. Kata ini berhasil ditemukan oleh Mton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS. Sorotta membuat istilah googol untuk menyebut angka satu (1) yang diikuti 100 angka nol (0). Googol merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi bilangan miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini tidak ada benda yang berjumlah hingga googol-an. Tidak itu bintang, tidak itu partikel debu, dan tidak pula atom. Karena itu, penggunaan kata Google merupakan refleksi dari kata googol. Dengan kata tersebut, Google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang memiliki misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tak terbatas. Dan itu hanya terdapat pada sunia syber tempat informasi melimpah tanpa batas.
Domain google.com pertama diregistrasikan pada 15 September 1997 dan kemudian pada tangga 7 September 1998 berdirilah google Inc yang dimulai pada sebuah garasi rumah di daerah Menlo Park, California.
Saat ini google adalah mesin pencari terbesar dan yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia. Pertumbuhan Google Inc semakin pesat ketika perusahaan ini berhasil membeli beberapa perusahaan antara lain : Pyralab yang merupakan pembuat blogger. Google juga berhasil mengambil alih upstartle perusahaan yang bertanggung jawab untuk prosesor kata online. Teknologi ini yang kemudian digunakan google untuk pembuatan Google Docs & Spreadsheets. Google juga membeli You Tube yaitu situs video online pada tahun 2006, setelah itu google juga mengakusisi jotspot yaitu sebuah teknologi pembuatan wiki.
Berbagai macam produk & fitur ditawarkan oleh google, antara lain : yang utama search engine ( mesin pencari ), Adword, Adsense, Google News, Google Group, Google Maps, Gmail, Google Video, Google Earth, Google Android, Google Scholar, Google Translate, Google Research, Google code, Blogger, You Tube, dll. Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Google memiliki milyaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, pencarian gambar, situs perbandingan harga, arsip, interaktif, dan lainnya. Anda patut bangga jika dalam pencarian website anda berada pada posisi teratas Google. Untuk saat ini kepopuleran Google tidak perlu diragukan lagi. Mesin pencari Google menarik perhatian jumlah pengguna Internet yang terus meningkat, yang menyukai desain sederhana dan penggunaannya.
Kelebihan dan kelemahan google :
Kelebihan :
a.    Kecepatan dan kemudahan dalam mencari
b.    Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya
c.    Tampilan yang sederhana.
d.    Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
  1. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
  2. Database besar serta banyak file yang diindeksi.
Kelemahan :
a.    Bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan, sehingga pencarian pun terganggu.
b.    Tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio.














2. Yahoo
yahoo.com.vn-snapshot.jpg          yhoo.jpeg

Yahoo didirikan / dirintis oleh David Filo dan Jerry Yang, alumni mahasiswa teknik dari universitas stanford. Ide awal pendirian Yahoo di mulai pada bulan April 1994. Pada awalnya yahoo hanya sebuah bookmark, lalu kemudian berkembang menjadi portal web yang terbesar hingga kini.
Yahoo semakin berkembang dan dilengkapi dengan berbagai fitur - fitur menarik, antara lain : yahoo mail, yahoo messenger, yahoo group, yahoo 360, dll. Kebesaran perusahaan Yahoo inc pun semakin ditunjukkan dengan mengakusisi / mengambil alih berbagai perusahaan besar lainnya, seperti : Yahoo adalah site pertama yang berusaha mengatalogkan web, menawarkan daftar direktori dari setiap site penting, kemudian terlahir kembali sebagai web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, IM, e-mail dan jasa-jasa lainnya.
Awalnya Yahoo bernama “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web” dan pada April 1994 diganti menjadi : “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” atau disingkat Yahoo!, yang berarti “Satu tempat bertanya segala tahu yang disusun bertingkat dan hirarkis.”
Yahoo merupakan salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN, dan merupakan salah satu mesin pencari tertua. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri.
Submit URL : http://m.www.yahoo.com/
Kebihan dan kelemahan yahoo :
Kelebihan :
a.    Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
  1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
  2. Fiturnyanya yang komplit.
  3. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
  4. Direktorinya.
  5. Menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat.
  6. Menyediakan pencarian gambar.
Kelemahan :
a.   loadingnya membutuhkan waktu yang lama
b.  Halaman utamanya tidak terlalu ramah untuk pencarian










3. Altavista
                   images (1).jpg

          Altavista di keluarkan Desember 1995 oleh Digital Equipment Corporation’s (DEC). Altavista merupakan mesin pencari yang didirikan oleh digital corp. altavista mempunyai kelebihan dalam pencarian canggih (anvanced search) dengan menggunakan operator Boolean AND, OR,(), NOT, NEAR, “, dan *. Kelebihan ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi yang lebih spesifik. Altavista merupakan versi pertama ‘Google’ sekitar pada tahun 2000 an, mesikipun kepopuleran sekarang dikuasai Google dan Yahoo. Situs ini masih tetap mempunyai tingkat kunjungan yang tinggi.
Kelebihan dan kelemahan altavista :
Kelebihan :
a.    keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
  1. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
  2. pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
Kelemahan :
Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
4. Alltheweb
all.jpg          alltheweb.jpg

Alltheweb adalah salah satu search engine yang tergabung dalam jaringan Yahoo. Alltheweb bergabung dengan yahoo pada 25 maret 2004. Alltheweb bisa menjadi salah satu search engine pilihan, pencarian alltheweb meliputi : news, picture, video/audio.
Kelebihan dan kelemahan alltheweb :
Kelebihan :
a.    Kemudahan dalam mencari.
  1. Tampilan yang sederhana seperti Google.
  2. Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
  3. Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
  4. Pencarian file pada FTP server. FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio, atau video.
  5. Penyedia jasa pencarian file.
Kelemahan :
a.    Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
  1. Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
  2. Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan update.













5. Lycos
cos.jpg             dfgh.jpeg

          Lycos yang merupakan sebuah proyek dari sebuah lab di Universitas Carnigie Mellon, Juli 1994, didirikan oleh Michael Maudlin. Lycos ternyata adalah potongan nama hewan, tepatnya nama laba-laba. Lycos adalah potongan dari nama “Lycosidae”, yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak sangat cepat. Mengapa laba-laba? Karena Lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi website (jaring-jaring situs). Spider di sini adalah terminologi internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu. Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas.
          Lycos merupakan salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
Kelebihan dan kelemahan lycos :
Kelebihan :
a.    Mampu mencari data dengan cepat.
b.  Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
c. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
d. menyediakan pencarian file MP3 dan video.
Kelemahan :
a.    Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
b.     Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.








6. MSN
mmmsn.jpg                  juyh.jpeg

          MSN merupakan mesin pencari pertama yang diciptakan oleh Microsoft dan diluncurkan pertama kali tahun 1998. MSN Search terdiri dari mesin, indeks, dan web crawler. Sejak diluncurkan, mesin pencari ini terus berkembang dan mengalami penyempurnaan. Pada November 2004, Microsoft melakukan upgrade terhadap mesin pencari ini dengan bekerja sama dengan Picsearch khusus untuk menampilkan hasil pencarian gambar. MSN merupakan layanan yang hasilnya dikelola oleh Looksmart.
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, dan pencarian pekerjaan.
Submit URL : http://www.msn.com/
Kelebihan dan kelemahan MSN :
Kelebihan :
a.    mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
b.    Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, dan pencarian pekerjaan.
Kelemahan :
a.    Pencarian, membutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
  1. Pengguna sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.













7. ASK
arg.jpeg     wer.jpeg

          Ask didirikan tahun 2000 oleh tim Profesor Apostolos Gerasoulis dari Universitas Rutgers, New Jersey. Ask waktu itu terkenal degan ketepatan link algoritma-nya, yang digunakan pada subyek tertentu di halaman web, sehingga dapat digunakan untuk menganalisis peringkat web. Semakin tinggi peringkat web, maka semakin banyak pula link dari halaman lain di halaman web tersebut.
Submit URL :
http://www.ask.com/
Kelebihan :
a.    Menyediakan jawaban untuk pertanyaan.
b.    Bisa menemukan situs yang terkubur akibat spam di jejaring mesin pencari lainnya.






8. Bing
bb.jpg              bing.jpg

          Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
Ø  Web untuk pencarian halaman situs atau website.
Ø  Images untuk pencarian gambar.
Ø  News untuk pencarian berita.
Ø  xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Kelebihan dan kelemahan Bing :
Kelebihan :
a.    Memungkinkan memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat.
b.    Menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail.

Kelemahan :
a.    Terlalu banyak link yang memanfaatkan keyword terkenal untuk menyesatka.
b.    Fitur kurang lengkap.



















9. Go (Infoseek)
go

          Go (yang dulunya Infoseek) dikategorikan sebagai salah satu search engine yang dikategorikan baik untuk mengetahui berita – berita terbaru dari “Businesswire”, Reuters, CNN, USA Today dan The New York Times.
Khusus para pengguna mesin pencari situs web Infoseek, anda dapat melakukan pencarian khusus seperti Image seek ( untuk menemukan logo, gambar, dan citra lain), Site Search (untuk menemukan halaman dari situs web tertentu), URL Search (jumlah dan daftar halaman yang disesuaikan dengan URL) Title Search (jumlah dan daftar halaman yang menggunakan kata kunci yang dicari dalam judulnya).
Seperti mesin pencari yang lain, jangan gunakan spasi antara tanda (+) dan (-). Fasilitas News Center memberi anda berita harian yang ditampilkan berdasarkan kategori, seperti koleksi yang disebut Timely News yang berisi daftar berita yang menarik selama 30 hari. Anda juga dapat memperoleh berita pribadi yang akan diantar oleh Infoseek setiap kali anda mengunjungihome pagesnya. Untuk mengakses news center klik tombol sebelah kiri halaman infoseek. Untuk mendapatkan berita pribadi klik Personalize.
Untuk membatasi pencarian anda pada dokumen-dokumen web, gunakan sintaksis pada Ultraseek. Nama sintaksis tersebut dapat dikelompokkan antara lain berdasarkan link, situs, URL, atau judul. Misalkan anda mencari dokumen tentang CD-R, anda pasti akan menemukan lebih banyak informasi jika mencari berdasarkan situs yang memuatnya, bukan berdasarkan judul yang memuatnya.
Submit URL : http://go.com/


Kelebihan Go (Infoseek) :
a.    Direktori disusun dengan sistem index yang baik dengan topik-topik yang cukup besar dibandingkan dengan Yahoo dan HotBot.
b.    Memberi ranking data hasil pencarian sesuai dengan tingkat kebenarannya.
c.    Memberi berita harian yang ditampilkan berdasarkan kategori.
d.    Dapat melakukan pencarian khusus, seperti Image seek, Site Search, URL Search, dan Title Search.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar