Senin, 14 Mei 2012

Bedugul


BEDUGUL



Bedugul merupakan salah satu tempat yang menjadi objek wisata di Bali yang menawarkan keindahan alam pegunungan dan danau. Bedugul terletak di dataran tinggi yang membuat daerah ini selalu diselimuti kabut dan berhawa dingin. Suhu rata-rata di daerah Bedugul pada siang harinya berkisar 18-22 derajat Celcius. Bedugul merupakan bagian dari kabupaten Tabanan dan berjarak kurang lebih 70 km atau 2,5 jam dari Bandara Internasional (Airport) Ngurah Rai.  
Bedugul berasal dari kata Bedogol. Di Bedugul terdapat danau beratan yang merupakan danau paling dangkal. Di daerah danau Bedugul ini banyak terdapat hasil pertanian. Disini hasil pertanian yang paling banyak dijumpai adalah buah-buahan dan sayuran. Banyak jenis buah-buahan disini, diantaranya adalah buah markisa, buah anggur, dan buah manila.
Secara global bangunan yang terdapat di danau Bedugul ini bersifat kuno atau bersifat khas zaman dahulu. Kondisi fisik bagunan di Bedugul cukup bersih dan teratur. Namun tempat ibadah untuk umat Islam tidak begitu bersih. Bisa dikatakan tidak layak digunakan beribadah. Selain tempatnya kotor, juga terdapat banyak kecoak disana.
Tiket masuk per-orang adalah Rp 7.500; untuk domestik dan Rp 10.000 untuk foreigner. Setelah membayar tiket, kita akan melihat sebuah taman yang sejuk dan hijau banget dengan bunga-bunga beraneka ragam. Melewati jalan setapak, kita akan mencapai sebuah gapura besar yg merupakan pintu masuk menuju Pura Ulundanu. Coba lihat ke arah kiri, disana ada candi Budha yang sampai sekarang masih dipakai untuk pemujaan.
Pemandangan alam Danau Beratan yang ada di Bedugul ini sangat indah. Hamparan danau sedalam 23 meter membuat mata menjadi sejuk dan damai. Belum lagi terdapat sebuah pura luhur yaitu pura Ulundanu yang berada ditengah-tengah danau. Pura Ulundanu adalah tempat pemujaan untuk Dewi Danu atau Dewi Sri sebagai dewi kemakmuran yang dibangun sekitar abad XVI. Pura ini memiliki atap (meru) sebanyak 11 tingkat.
Fasilitas yang disediakan di Bedugul diantaranya adalah kapal-kapal laut yang disewakan kepada pengunjung agar dapat menikmati keindahan danau di Bedugul, dan  kios-kios penjual yang menjajakan dagangannya. Biasanya penjual disana menjual berbagai buah-buahan hasil pertanian disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar