Minggu, 15 April 2012

laporan wawancara


LAPORAN HASIL WAWANCARA

Hari/Tanggal               : Jumat / 6 Mei 2011
Waktu                          : Pukul 09.30 WIB s.d. 10.00 WIB
Tempat                        : Camp Dewan Ambalan (DA)
Narasumber                : Faisal Adi Setyawan, Pradana Gudep Diponegoro-Kartini
Pewawancara              : Ida Fitriana
Topik                           : Seleksi penerimaan Dewan Ambalan (DA) baru di Gudep Diponegoro-Kartini
Hasil Wawancara
            Faisal Adi Setyawan (narasumber) sebagai seorang pradana di Gudep Diponegoro-Kartini berpendapat bahwa seleksi penerimaan Dewan Ambalan (DA) baru perlu diadakan agar bisa mendapatkan anggota yang benar-benar berminat pada organisasi Dewan Ambalan (DA) yang dapat berkomitmen dan bertanggung jawab serta mampu dalam menjalankan tugas yang diembannya, minimal pernah menjadi Dewan Penggalang (DP) sewaktu di SMP. Dalam penerimaan Dewan Ambalan (DA) akan dibentuk panitia agar dalam penerimaan Dewan Ambalan (DA) baru terorganisasi dengan baik. Dan pembentukan panitia tersebut dipilih sesuai kemampuan yang dimiliki. Dimana panitia itu sendiri beranggotakan seluruh anggota Dewan Ambalan (DA) tahun lalu yang setiap anggota Dewan Ambalan mendapatkan tugas sendiri-sendiri.
            Pendaftaran bagi adik-adik kelas X yang berminat ingin menjadi anggota Dewan Ambalan (DA) yang baru akan dibuka mulai tanggal 1 Juni-15 Juli 2011 di Camp Dewan Ambalan (DA) atau juga bisa melalui wali ruang masing-masing kelas. Seleksi sendiri akan dilangsungkan mulai tanggal 5-6 Agustus 2011. Seleksi akan diadakan di ruang kelas XII IPS 1-XII IPA 1. Kemungkinan akan diadakan 2 seleksi, yaitu tertulis dan wawancara. Namun masih memungkinkan tambahan seleksi lagi. Dalam seleksi tertulis yang akan di ujikan hanya seputar materi yang telah di berikan oleh wali ruang masing-masing kelas.
            Sebelum semua itu dilaksanakan para anggota Dewan Ambalan (DA) sekarang lebih memberikan pengertian-pengertian dan pengetahuan-pengetahuan tentang pramuka kepada adik-adik kelas X. Hal itu ditujukan untuk menumbuhkan minat adik-adik kelas X agar tertarik menjadi anggota Dewan Ambalan (DA) yang baru.
            Menjadi anggota Dewan Ambalan (DA) bukan merupakan hal yang mudah. Para anggota Dewan Ambalan (DA) yang baru mempunyai tugas dan kewajiban yang cukup berat. Oleh sebab itu, para anggota Dewan Ambalan (DA) sekarang lebih selektif dalam penerimaan anggota Dewan Ambalan (DA) baru agar pramuka di SMA N 1 CAWAS dapat lebih maju lagi karena memiliki Dewan Ambalan yang berkualitas. Harapan anggota Dewan Ambalan (DA) sekarang terlebih lagi harapan kak Faisal Adi Setyawan sendiri sebagai seorang Pradana adalah semoga anggota Dewan Ambalan (DA) mendatang dapat melaksanakan tugasnya lebih baik dari anggota Dewan Ambalan (DA) sebelumnya.










            Faisal Adi Setyawan, seorang Pradana di Gudep Diponegoro-Kartini sedang diwawancarai perihal seleksi penerimaan Dewan Ambalan (DA) baru di Gudep Diponegoro-Kartini.
Pewawancara    : “Selamat pagi terimakasih atas kesediaan Anda meluangkan waktu  untuk            wawancara ini.”
Faisal Adi S        : “ Oh ya, saya senang bisa membantu, meski hanya memberikan beberapa informasi atau pendapat.”
Pewawancara    : “Bisa kita mulai sekarang?”
Faisal Adi S        : “Silakan.”
Pewawancara    : “Menurut Anda, mengapa perlu diadakan seleksi dalam penerimaan Dewan Ambalan (DA) baru?”
Faisal Adi S        : “Dalam penerimaan Dewan Ambalan (DA) baru perlu diadakan seleksi agar bisa mendapatkan anggota Dewan Ambalan (DA) baru yang benar-benar berminat pada organisasi Dewan Ambalan (DA) yang dapat berkomitmen dan bertanggung jawab serta mempunyai kemampuan dalam melaksanakan tugasnya.”
Pewawancara    : “Siapa saja panitia yang akan memperlancar dalam penerimaan Dewan Ambalan (DA) baru ini?”
Faisal Adi S        : “Panitia yang dipilih sesuai kemampuan yang dimiliki agar dapat melaksanakan tugas dengan maksimal. Panitia itu beranggotakan seluruh anggota Dewan Ambalan (DA) tahun lalu yang setiap anggota Dewan Ambalan mendapatkan tugas sendiri-sendiri.”
Pewawancara    : “Kapan pendaftaran Dewan Ambalan (DA) akan dibuka?”
Faisal Adi S        : “Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 1 Juni-15 Juli 2011.”
Pewawancara    : “Dimana adik-adik kelas X yang berminat ikut Dewan Ambalan (DA) dapat mendaftarkan diri?”
Faisal Adi S        : “Bagi adik-adik kelas X yang berminat ikut Dewan Ambalan (DA) dapat mendaftar melalui wali ruang masing-masing kelas atau bisa langsung datang ke Camp DA.”
Pewawancara    : “Kapan seleksi Dewan Ambalan (DA) baru akan dilangsungkan?”
Faisal Adi S        : “Seleksi Dewan Ambalan (DA) baru akan dilangsungkan mulai tanggal 5-6 Agustus 2011.”
Pewawancara    : “Dimana seleksi akan diadakan?”
Faisal Adi S        : “Seleksi akan diadakan di ruang kelas XII IPS 1-XII IPA 1.”
Pewawancara    : “Bagaimana seleksi Dewan Ambalan (DA) baru ini akan dilangsungkan?”
Faisal Adi S        : “Seleksi Dewan Ambalan (DA) baru ini kemungkinan akan diadakan 2 seleksi, yaitu tertulis dan wawancara. Namun masih memungkinkan tambahan seleksi lagi. Dimana dalam seleksi tertulis yang akan diujikan hanya seputar materi yang telah diberikan oleh wali ruang masing-masing kelas.”
Pewawancara    : “Apa harapan Anda bagi anggota Dewan Ambalan (DA) mendatang?”
Faisal Adi S        : “Harapan saya semoga anggota Dewan Ambalan (DA) mendatang dapat melaksanakan tugasnya lebih baik dari anggota Dewan Ambalan (DA) sebelumnya dan dapat lebih memajukan kegiatan pramuka yang ada di SMA N 1 Cawas.”
Pewawancara    : “Terimakasih atas waktu yang telah Anda luangkan untuk saya.”
Faisal Adi S        : “Ya sama-sama. Senang bisa membantu Anda.”

Nama : Ida Fitriana
No      : 15
Kelas  : X Unggulan 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar