Minggu, 15 April 2012

cerpen


Siluet Kisah

            TULALIT....tulalit !!!!!!!! Satu pesan telah menyadarkanku dari mimpi. Langsung kuraih hape yang tak jauh dari tempatku tidur. Kupelototi layarnya ternyata nomor baru. Dan alangkah terkejutnya aku baca tulisan yang berderet di layar. Cowok yang slalu ada di pikirku tiba – tiba SMS. Sebenarnya kita udah kenal sejak dulu tapi gak pernah ngobrol. Kubalas SMS dari Ryan, gak berapa lama dia balas. Aku dan Ryan saling tanya satu sama lain. Aku dan Ryan jadi sering SMS-an, kadang dia telpon hanya sekedar ngobrol.
Suatu sore yang cerah.......
            “Nisa,kenapa diem aja?” , Ryan menyadarkanku dari lamunan.
            “Ech....gak kenapa – kenapa kok.” ,  jawabku kikuk karena baru kali ini maen bareng Ryan. Biarpun udah kenal lama tapi baru kali ini aku ngobrol lanasung dengannya.
            “Gimana pensinya kemaren?” , basa – basi kutanya sekedar memecah kebisuan.
            “ Yah....biasa aja, abis lagunya gak asyik.” , balas Ryan sambil lihatin aku. Aku jadi kikuk karena dia lihatin aku terus.
            Saat mataku bertemu dengan matanya, jantung ini berdetak dengan kencangnya. Tiba – tiba dia raih tanganku. Memainkan jemariku sambil ngobrol.
            “Pulang yuuk? Udah mau maghrib neh.” , ajakku pada Ryan.
            “Iya.” , jawabnya singkat dan langsung ngambil motor.

            PAGI ini begitu cerah. Burung berkicau seolah menyenandungkan lagu yang indah. Dan awan pun berarak dengan teratur. Suasana yang mendukung buat beraktivitas. Menuntut ilmu buat menyambut masa depan.
            “Ciieee.....yang lagi kasmaran dari tadi senyam – senyum sendiri.” , goda Dewi yang tiba – tiba nongol di depanku.   
            “Echhhh,gak kok. Apaan sich Dew bikin gosip aja.” , kujawab dengan penuh malu.
            “Gak salah!!! Alah ngaku aja lagi mikirin Ryan.” , goda Tuti juga sambil nyengir ngelihatin giginya yang putih.
            “Aku dan Ryan itu Cuma temenan, gak lebih.” , jawabku agak kesal. Sebenarnya rasa ini ada di hati tapi slalu kutepis karena aku pengen mikirin sekolah dulu. Aku gak pengen pacaran dulu sebelum lulus SMA, itu komitmenku.
            Dan bel pulang berbunyi. Aku dan kedua sahabatku, Dewi dan Tuti langsung membereskan alat tulis dan segera pulang. Di jalan kita bertiga bercanda bareng sambil ngelihatin cowok – cowok yang tampangnya sedap dipandang. Hitung – hitung buat melekin neh mata.
            Biarpun beda sekolah. Aku di SMA dan Ryan di SMK, karena gak pengen nerusin. Makanya dia pilih di SMK ngambil jurusan pertanian. Itu semua gak membuat kita jauh. Malah sering ketemu. Kadang aku ikut ke sekolahnya buat bantuin nyirami anggrek kalo pas jadwalnya Ryan. Kadang dia nemenin aku ke warnet buat ngerjain tugas. Pertemuan yang terlalu sering membuat kita gak sadar kalo kita sama – sama suka. Karena sebelum rasa rindu itu hadir kita udah bertemu.
            “Gimana ntar malam?” , tanya Ray, sahabatku yang beda sekolah.
            “Ya jadi lah, mask gak jadi.” , sahut Tuti dengan muka penuh serius sambil jempolnya mijitin keypad.
            “Apaan sich?” , Dewi yang belum ngeh ikut nimbrung.
            “Ntar malam ngumpul di rumahku ya?” , kukedipkan mataku buat kasih isyarat pada Ray dan Dewi. Dewi hanya menganggukkan kepala dan mengiyakan.
            Malam pun tiba, kami berempat ngumpul di rumahku. Setelah semua siap, langsung kuambil kue dan nyanyiin lagu ultah, disusul Ray dan Tuti. Dewi baru sadar ternyata kami ngumpul buat kasih surprise ke dia. Pesta pun digelar, kami berjingkrak – jingkrak dengan penuh tawa diiringi lagu nge-hitz. Tiba – tiba badanku bergetar. Kuambil hape yang ada di saku, SMS Ryan. Besok Ryan ngajakin jalan – jalan.
            “Nisa, aku jemput kamu di sekolahmu ya?” , suara di seberang terdengar pelan dan penuh harap.
            “Gak usah!!! Ntar temen – temen pada tahu.” , jawabku lirih karena takut kedengeran dan kepergok aku lagi telpon – telponan sama Ryan.
            “Ya udah, kita ketemuan di tempat biasa.” , balasnya penuh kekecewaan.
            Aku pun pergi ke tempat biasa aku dan Ryan ketemuan. Ryan udah ada di sana. Kita jalan – jalan menghabiskan waktu berdua. Tertawa dan bercanda penuh kemesraan.

KULALUI hari – hari bersama Ryan. Tanpa kusadari hampir tiga tahun kita bersama. Akhir kelas tiga, aku dan Ryan sama – sama sibuk. Banyak kegiatan yang menyita waktu dan nguras tenaga. Les ini itu sampe sore buat ngadepin ujian. Sama – sama sibuk membuat kita jarang ketemuan tapi komunikasi masih lancar. Aku berencana kuliah dan Ryan bekerja di Luar Jawa setelah lulus.
Ujian berlalu. Entah kenapa, sikap Ryan akhir – akhir ini . Memang gak parah berubahnya, cuma tetap aja bikin sebel. Padahal dia tahu kalo kita pernah berjanji untuk saling memahami sebagai sahabat dan gak pacaran dulu sebelum lulus SMA. Meski dekat, sejauh ini hubungan kita masih sebatas teman. Gak lebih. Apalagi sampe Ryan secara terbuka mengungkapkan perasaan padaku. Belum pernah, tuh.
“LULUS......!!!!!!!!!!!!!!!!” , semua berteriak menyambut kelulusan. Seperti udah tradisi, seragam pada diwarnain. Tak ketinggalan dengan diriku ‘n the gank. Setelah lulus, aku sibuk nyari bangku kuliah. Di sela kesibukanku, Ryan ngajakin jalan – jalan. Kita mampir jajan. Aku kaget, sungguh kaget. Ryan mengungkapkan perasaannya. Dan kujawab, akhirnya mata itu kembali bersinar. Kulihat di matanya ada cinta yang tulus.
            “Makasih ya Nisa, kamu udah nrima aku.” , dengan tatapan penuh sayang kata itu keluar dari bibirnya.
            Seakan tak ingin melewatkan dan menyia – nyiakan hari, aku dan Ryan sering menghabiskan hari bersama. Entah cuma ngobrol, jajan, ke warnet, pokoknya bareng. Karena sebentar lagi Ryan mau pergi jauh.
            Kepergian Ryan membuatku begitu kesepian. Biasanya bercanda bareng tapi kini udah gak bisa. Iseng – iseng kubaca novel yang berjudul “Siluet Senja” karya Ria dan Hafidz buat ngusir kebosananku.
            “Lagi baca apa mbak?” , Tuti ngagetin aku yang lagi serius baca novel.
            “Iseng aja abis gak ada kerjaan.” , mataku masih betah melototin huruf – huruf yang ada di buku itu.
            “Ciieee....yang lagi ditinggal sang kekasih!” , goda Tuti dengan nada genit.
“Apaan sich ganggu aja.” , jawabku dengan pura – pura marah.
            “Alaaaahhh.....gitu aja mukanya ditekuk.” , rayu Tuti yang ngira aku marah.
            Aku masih asyik dengan duniaku. Kubaca novel itu sampai selesai. Airmataku menetes dan aku sadar kalo selama ini banyak dosa yang kuperbuat. Membuang – buang waktu dengan hal yang gak ada manfaatnya.

            SETELAH membaca novel itu, aku jadi rajin ikut kajian Islam. Belajar memahami Islam dengan sebenar – benarnya. Dan mulai memakai jilbab biarpun belum serapi para jilbaber.
            Aku mulai menjauh dari Ryan. SMS dan telpon Ryan hanya kubalas seperlunya. Ryan jadi bingung dengan perubahanku. Dan mulai bertanya – tanya ada apa dengan diriku kini. Aku ingin menjelaskan semua ini pada Ryan. Bahwa cinta yang kita jalani  hanyalah cinta semu. Ada cinta yang abadi dan lebih suci yaitu cinta Ilahi. Tapi aku bingung gimana caranya dan harus mulai dari mana buat menceritakan semuanya.
Tokk...tokk...tokk!!!!!!!!! Suara ketukan pintu membuyarkan lamunanku. Aku bergegas membuka pintu. Dan ternyata Pak Pos mengantarkan surat. Kubaca pengirimnya, tertera nama Ryan. Usai sholat, kubuka dan kubaca surat itu.

Dearest Nisa,
Aku berusaha untuk memahamimu. Tapi aku tak pernah bisa. Aku butuh pelita bagi cintaku yang hampir beku. Aku sungguh bingung dengan perubahanmu. Bila memang ada cinta lain diantara kita, aku mengalah. Aku butuh jawab, dan kumohon jangan siksa aku seperti ini. Doa kubingkiskan untukmu dan sematkanlah secuil doa bagi jiwa yang rapuh ini.
 Ryan,
(yang slalu mencintaimu dengan ketulusan)

Kulipat surat itu dengan penuh doa dan airmata yang membasahi pipiku. Seperti ada rasa tak tega buat mengatakan yang sebenarnya. Tapi kucoba untuk kuat karena aku gak ingin jadi lemah. Kukukuhkan hatiku bahwa hanya cinta Ilahi yang abadi dan suci. Tegas kukatakan inilah yang terbaik.
Segera kubalas surat dari Ryan karena aku gak ingin Ryan salah paham dengan semua ini. Aku ingin mengakhiri cinta yang kujalin dengan Ryan. Aku ingin Ryan juga seperti diriku. Mengerti dan belajar hakikat cinta yang sebenarnya.




Untuk Ryan,
(yang bingung akan perubahanku)
Sebelumnya aku meminta maaf atas semua kesalahpahaman yang terjadi diantara kita. Sungguh tidak ada laki – laki lain di sini seperti yang kamu tuduhkan padaku. Yang ada hanyalah cinta yang lain. Cinta yang abadi dan suci, yang tidak berlumur dengan nafsu semata. Yaitu cinta kepada Ilahi.
Cinta yang pernah kita jalin dan rasakan adalah cinta semu yang ternoda. Jangan pernah menyesali apa yang telah menjadi keputusanku. Dan janganpernah mengingkari apa yang kau rasakan tentangku. Yakinlah, bila memang kita berjodoh, Allah akan diantara kita, itulah yang terbaik bagi kita.
Maafkan aku tak bisa menjadi pelita bagi cintamu yang hampir beku. Karena aku tak ingin terus mengecap cinta semu ini. Aku ingin cita yang lebih agung dan indah. Karena cinta kepada Ilahi tidak berlumur nafsu dan tidak pernah mati. Ia akan abadi dan tidak pernah merasakan sakit.
Dariku,
(yang belajar menjadi lebih baik)

Dengan penuh linangan airmata, kulipat surat itu dan kumasukkan ke dalam amplop. Biarlah siluet kisah ini menjadi kenangan untuk belajar memaknai cinta. Dan menjadi awal dari hidupku yang lebih baik dan penuh cinta Ilahi. Ya Allah, bimbing aku untuk terus berusaha menjadi manusia yang penuh ketakwaan. Juga jaga hatiku, biarlah hatiku hanya merasakan cinta-Mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar