Rabu, 24 April 2013

web browser


WEB BROWSER

Web browser adalah suatu software/program yang dikhususkan untuk dapat mengakses dan melihat isi dari sebuah website yang diakses di internet.
Macam-macam web browser :
1. Opera
  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBIryUKSt2Bd8pfJ7t2g921cIIoz4fr7P1N1rKquP3wEydDkDhBXgeoDexryAImlEYClzL-UstFVN7WmfL01322s-24BALs4lg4hNUUplZ3FQOW0nemYw74DvJ9dfQNXjau9DdnIsWYP4/s320/opera.gif
Sekitar tahun 1992, Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsey merupakan bagian dari sebuah grup riset di Televerket (sebuah perusahaan telpon asal Norwegia yang sekarang bernama Telenor). Grup teresbut mengambil peranan dalam mengembangkan ODA (Open Document Architecture), yaitu sebuah standar sistem penyimpanan dan pengambilan dokumen, gambar dan yang lainnya.
Grup ini juga mendirikan server Internet pertama di Norwegia dan home page di tahun 1993. Tapi mereka merasa bahwa browser yang mereka gunakan yaitu Mosaic mempunyai struktur yang biasa-biasa saja untuk digunakan secara efektif pada saat bowsing. Oleh karena itu, grup ini tergerak untuk membuat sebuah web browser yang baru dari awal.
Diinspirasikan oleh proyek ODA tadi, mereka melihat suatu pasar potensial untuk membangun sebuah browser yang bisa beradaptasi dengan segala macam struktur web. Di akhir tahun 1995, Televerket berubah namanya menjadi Telenor dan disitulah perusahaan Opera Software dibangun. Produk mereka kemudian diberi nama MultiTorg Opera dan dengan secara cepat digunakan oleh komunitas Internet pada saat itu karena fitur Multiple Document Interface dan sidebar-nya yang membuat browsing beberapa halaman secara sekaligus menjadi lebih mudah.
Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. Contohnya, Opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil, termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, sesson management dan lain-lain. Selanjutnya Opera menjadi lebih terkenal dan sedikit “nakal” karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web browser yang telah ada.
Kelemahan dan kelebihan opera :
Kelebihan:
a.    Banyak fitur yang memudahkan pemakaian, seperti speed dial
b.    Mampu menampilkan (load) halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama dibanding browser lain
c.    Terdapat tabs yang memungkinkan beberapa situs terbuka bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela
d.    Terdapat penyaring pop up untuk menangkal iklan pop up yang menjengkelkan
e.    Memiliki email client dan rss sendiri, jadi tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
f.    Ringan
g.    Pemanggilan ke cache cepat
h.    Ada teknologi kompresi, jadi data yg didownload lbh cepat terpanggil, cocok buat yang pakai internet quota, ngirit bandwith


Kelemahan:
a.    Belum mendukung Java servlet, dan sulit jika membuka situs yang terdapat AJAX, (contohnya jika membuka situs facebook.com, kita belum bisa mengedit untuk menghapus komentar teman di Opera dan belum bisa menggunakan aplikasi touchgraph-nya facebook, sedangkan di Mozilla bisa).
b.    Tidak ada add-ons (namun skin tampilan juga dapat diganti)
c.    Lambat dalam membaca script
d.    Untuk meng update nya harus mendownload kembali file masternya
e.    Tidak bisa menerima format seperti XML dan ada beberapa situs developer game yang tidak bisa dibuka
f.    Sering error jika digunakan untuk menyimpan halaman

2. Mozilla Firefox
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgvjUq1DiflpkWTnYjDXWuFm_8s_LpsEIng5_K6z_aXfd_BSU6_Ay7Me3ApyYb0fSVpwMtfS5TqFEfhF5aoe82HyDjFN1O8wlYMFnTptDQT4Sq6h1i5jb62TWVtQQenvV4CMiFk9b_Vc1M/s320/mozilla.gif       
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla. Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya “perang browser”.
Kelebihan dan kelemahan Mozilla Firefox :
Kelebihan:
a.    Mendukung Flash, Java servlet dan applet
b.    Banyak tersedia Addons
c.    Update Mudah
d.    Security yang dimiliki lebih handal dibanding dengan browser yang lain
e.    Cocok untuk mendownload file besar, karna sudah ada download manager sendiri, apalagi kalo sudah pasang plugin ‘Flashgot’ dan ‘Down Them All’
f.    Mudah untuk mendownload file-file youtube
g.    Mendukung berbagai jenis jalan pintas
h.    Memungkinkan untuk membuka beberapa URL sekaligus dalam satu jendela
i.     Bandel, cocok untuk membuka situs-situa multimedia
Kelemahan :
a.    Kurang cepat jika dibandingkan dengan Opera
b.    Berat kalo terlalu banyak plugin
c.    Startup time atau waktu menjalankan program pertama kali sangat lama
d.    Tidak berfungsi dengan optimal bila tidak ditambahi addons
e.    Para crackers mulai membidik browser ini, karena jumlah penggunanya yang besar
f.    Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, karena masalah kompabilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla Firefox
g.    Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express
h.    Beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik
i.     Beberapa formulir online tidak merespon penekanan tombol enter sebagai jalan pintas untuk menekan tombol “submit” di layar

3. Google Chrome
Google mengeluarkan browser terbaru yang diberi nama Google Chrome. Kenapa Google meluncurkan Google Chrome? Sebab mereka percaya, bahwa mereka dapat menambahkan nilai untuk para pemakai internet dan, pada waktu yang sama, mereka memberikan inovasi pada web browser.
Para ahli yang ada di Google sering meluangkan waktu mereka untuk bercakap–cakap, e-mail dan saling berhubungan dengan para teman–teman. Karena mereka sering menggunakan internet, mereka mulai serius berpikir untuk membuat sebuah browser dan membangun semua unsur–unsur terbaik di sana. Kita menyadari bahwa web telah meningkat dari halaman teks sederhana ke aplikasi yang interaktif. Apa yang benar–benar kita perlukan bukan hanya suatu browser, tetapi juga suatu platform modern untuk halaman web dan aplikasi, dan sejak itulah Google mulai membangun browser itu.
Ini baru sebuah permulaan. Google Chrome adalah masih jauh dari sempurna. Mereka meluncurkan versi beta ini untuk Windows, dan mulai di diskusikan untuk lebih luas lagi. Mereka bekerja keras di tempat mereka bekerja untuk membangun versi Mac dan Linux juga, dan akan melanjutkan untuk membuat lebih sempurna dan lebih cepat lagi.
Suatu web akan menjadi lebih baik lagi dengan lebih banyaknya pilihan dan inovasi. Salah satunya adalah Google Chrome, dan mereka akan selalu berkontribusi untuk membuat web menjadi labih baik lagi kelak.
Kelebihan dan kelemahan Google Chrome :
Kelebihan:
a.    Bug-nya sulit dieksploitasi
b.    Ringan dan gesit
c.    Design simple dan minimalis
d.    Update Mudah
e.    Security paling OK, paling kuat, menjadi browser paling tahan terhadap serangan hacker
f.    Memiliki tampilan yang nyaman dan tidak mengusik ketika sedang digunakan
g.    Memiliki “Modus Penyamaran’
h.    Memberikan opsi “Make Application Shortcut”
i.     Kemampuan menebalkan nama domain sebuah website yang dianggap berbahaya
Kekurangan:
a.    Fitur kurang
b.    Installnya musti online, Chrome tidak menyediakan file masternya, jadi kalau mau menginstall hanya diberi file launchernya saja
c.    Adanya lubang kecil atau bugs pada chrome
d.    Memiliki feature Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker
e.    Tidak terdapat extension, plugin atau addons yang dapat ditambahkan
f.    Ketika menggunakan bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya

4. Internet Exporler
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifajPU186LLbb9G7Tc4tY7G5majcx-rh-PEskxAIk2liTmkVVk73sOZCXkxuvFuPg41zXnWVNixCe1W4cjaL497zuQTsf5auNmK6iNQuC-7udw2g05JbsOFVYAziqUVre-SmVDPMxdq4Y/s320/IE7.gif
Merupakan web browser paling tua. Bahkan lima tahun silam, Microsoft boleh berbangga, sebab Internet Explorer 5 adalah web browser terbaik yang ada. Tak lama setelah itu, kini muncul IE 6, yang merupakan versi perbaikan dari IE 5.
Ditunjang dengan berbagai kelebihan desain interface IE 6 memang cukup baik dan cukup cepat dalam me-render halaman web. Namun, seiring majunya teknologi web yang semakin bervariasi, berbagai kelemahan IE mulai tampak terasa bagi para pengguna. IE jadi “turun kelas”. Ia hanya menjadi browser di tingkat “rata-rata”.
Kelemahan utamanya adalah pada masalah security dengan ratusan hole terlalu mudah diterobos yang menyebabkan IE lebih rentan diserang spyware. IE juga tidak kompatibel dengan fitur keamanan RSS. Dari segi stabilitas, IE lebih mudah crash. Selain itu, pengguna IE tak bisa membuka banyak halaman web tanpa membuka banyak jendela.
Versi terbaru Microsoft IE 6 hanya tersedia bagi pengguna sistem operasi Windows XP SP2 (service pack 2). Versi XP SP2 adalah update Windows XP yang terutama pada sistem keamanannya. Pada versi ini, IE 6 sudah dilengkapi dengan pemblokir pop-up dengan default setting aktif pada skala medium.
Sebagian fitur ActiveX juga mampu diblok IE 6. Dari sisi keamanan, IE 6 tertolong oleh perbaikan keamanan pada sistem operasi Windows XP SP2. Namun sayangnya bagi pengguna sistem operasi dulu macam Windows 98, 98 SE, Me, 2000, atau Windows XP SP1. Mereka tak bisa menikmati versi terbaru IE 6 ini. Browser IE 6 SP1 yang dirilis September 2002 yang mereka punya.
Kelebihan dan kelemahan Internet Explorer :
Kelebihan:
a.    Tampilan paling menarik, juga menyediakan add on walau tidak sebanyak FF
b.    Terintegrasi dengan Windows Live, jadi kalau punya email di hotmail, windows live, juga Windows Messenger bisa langsung mengaksesnya dengan 1 tombol
c.    Mendukung teknologi Web Slices
d.    Mendukung Silverlight (Flash versi Microsoft yang sedikit lebih keren)
e.    Terintegrasi dengan Outlook dan Outlook Express sehingga semua fasilitas e-mail bekerja dengan baik
Kekurangan:
a.    Banyak bug
b.    Lebih lambat dibandingkan yang lainnya
c.    Tidak ada add-ons
d.    Gagal membuka CSS
e.    Security paling lemah, mudah diserang hacker, juga gampang terkena virus.
f.    Membutuhkan waktu yang lama saat membuka tab baru

5. Netscape Navigator
Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh.
Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.
Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.
Netscape Navigator merupakan web browser yang stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload dan download, hanya saja secara GUI (Graphical User Interface) web browser ini kurang bagus (kasar). Netscape Navigator merupakan web browser yang dikomersilkan pada saat itu, web browser ini mulai mengalami kehilangan peminat/penggunanya pada saat IE mulai terpasang secara default ketika menginstall Microsoft Windows

EMAIL CLIENT

 
E-Mail client adalah software yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail melalui komputer Anda tanpa browser. Cukup dengan menjalankan software e-mail client secara otomatis e-mail akan terdownload ke komputer Anda. Saat Anda tidak terkoneksi dengan internet, Anda dapat membaca e-mail – e-mail yang telah di download tersebut.
Beberapa pilihan software e-mail client :
  • outlook Express
Software ini secara otomatis terinstall pada Windows XP pada full install. Penggunaannya praktis, hanya saja tidak memiliki fitur perlindungan SPAM yang efektif.
  • Microsoft Outlook
Software yang masuk dalam Microsoft Office ini kaya fitur, diantaranya sudah terintegrasi dengan calendar, todo list, dan memiliki mekanisme perlindungan SPAM yang baik.
  • Thunderbird
     
Software free ini dikembangkan oleh Mozilla dengan dilengkapi fitur perlindungan SPAM yang sangat fleksibel karena dapat kita konfigurasikan secara detail. Selain itu software ini juga dilengkapi dengan e-mail tagging yang cara kerjanya mirip dengan label pada Gmail. Sayangnya software ini tidak memiliki integrasi langsung dengan calendar meskipun tersedia add-on untuk calendar.
  • Mail pada Mac OS X
Software ini kerap disebut Apple Mail, secara default software Mail ini sudah terinstall pada Mac OS X. Sebagai software mail client default pada Mac OS X, software ini memiliki mekanisme perlindungan SPAM yang cukup baik.

·         Windows Mail
Windows Mail adalah pengganti Outlook Express pada Windows Vista. Sebagai versi baru dari Outlook Express, Windows Mail kaya dengan fitur – fitur baru. Di antaranya adalah perlindungan terhadap SPAM yang lebih baik dan integrasi dengan Calendar yang sudah termasuk di dalamnya.
Kelebihan dan kelemahan E-mail Client :
·         Kelebihan :
a.    Menghemat koneksi internet
b.    Cukup terkoneksi ketika melakukan Send and Receive terhadap pesan-pesan e-mail
c.    Dapat membaca dan mengetik e-mail secara offline
d.    Proses pembacaan pesan sangatlah gampang
e.    Memiliki fasilitas Auto Preview
f.    Pesan-pesan e-mail secara otomatis akan berpindah dari mail server ke komputer pribadi kita

·         Kelemahan :
a.   Terbatasnya dalam mengakses pesan e-mail
b.   Hanya dapat di akses melalui komputer pribadi
c.   Pesan-pesan di inbox bisa dibaca oleh orang lain dengan mudah
d.  Tidak semua e-mail client memiliki Identity

Setting E-mail Client melalui ponsel :
  1. Gunakan yahoo Indonesia (co.id). kalau belum punya, silakan reg di sini. Kenapa harus yahoo Indonesia?
    Karena, Yahoo Indonesia memberikan Fasilitas gratis untuk akses dan penerusan POP, sedangkan yahoo internasional, akses dan penerusan POP-nya bayar.
    Makanya, kamu2 segera beralih ke yahoo Indonesia, agar kamu bisa masuk warga yang cinta produk dalam negeri :-D.
  2. Setelah sukses reg di yahoo Indonesia, masuk ke pengaturan akun, pilih "Akses dan Penerusan POP, terus pilih simpan.
    Langkah ini juga berlaku bagi pemilik yahoo yang belum mengatur email-nya untuk dapat memanfaatkan Akses dan penerusan POP.
    Dari tadi ngomongin POP terus! Apa sih POP itu? jokePOP adalah Post Office Protocol. POP punya kemampuan mengakses dan meneruskan email-email yang online menjadi ofline dengan cara meneruskan dari server ke client2.
    Bingungkan? Sama! jokeIntinya, kita bisa menerima dan mengirim pesan email lewat ponsel, itu karena Fasilitas POP.
  3. Saatnya melakukan setting pada ponsel. Hanya saja, disini hanya membahas ponsel SonyEricsson, untuk yang lain bisa menyesuaikan. Sama saja kok.
    1. Buat akun baru utk mengakses email lewat ponsel dengan cara: Buka pesan, terus pilih email, pilih pengaturan/setting, akun baru/new acount.
    2. Beri nama, misalnya: na_abills, atau apa saja, sesuai dengan seleramu :-D.
    3. Lanjutkan dengan melengkapi parameter sbb:
      • Alamat email/email address: isi dengan alamat emailmu, mis: na_abills@yahoo.co.id
      • Koneksi dengan/conect using: pilih jaringan sesuai dengan kartu yang sedang kamu pakai: telkomsel, indosat atau ProXl.
        Jika belum tersetting, ya, setting dulu bro!! joke
      • type koneksi/connection type: pilih POP3
      • Server masuk/Incoming server: isi dengan, pop.mail.yahoo.co.id
      • Pengguna/Username: Isi dengan user yahoo-mu. jika alamat emailnya: na_abills@yahoo.co.id, maka username-nya adalah na_abills
        username adalah alamat email minus @yahoo.co.id.
      • Sandi/Password: isi dengan password yahoo-mu
      • Dowload: Biarkan pada posisi Headers and text
      • Interval check/chek interval: Pilih sesuka hatimu. Boleh 5 menit, 10, menit, 1 jam, 2 jam atau off juga gpp. Hanya saja, jika kamu pilih 2 jam, artinya: tiap 2 jam sekali, ponsel akan otomotis masuk ke jaringan untuk mencari email baru yang masuk. Jika ada email baru, maka ponsel akan berbunyi layaknya ada sms sebagai tanda ada email masuk.
        Enak Kan.....? Jika kamu pilih off, maka kamu harus chek secara manual, apakah ada email masuk apa tidak. caranya: buka inbox email, pilih Terima dan kirim/send and receive
      • Server keluark/Outgoing server: isi dengan, smtp.mail.yahoo.co.id
      • Pengguna/Username: Isi dengan user yahoo-mu. jika alamat emailnya: na_abills@yahoo.co.id, maka username-nya adalah na_abills
        username adalah alamat email minus @yahoo.co.id.
      • Alllow connection: Pilih Home network
      • Your name: kosongkan atau isi namamu juga gpp
      • Tanda Tangan/Signature: Kosongkan
      • Saling email keluar/coppy outgoing: pilih off
      • Enkripsi: Pilih No Enkripsi
      • Port Email Masuk/Incoming Port: isi dengan 110
      • Port Email Keluar/Outgoing Port: Isi dengan 25
      • Tekan tombol Selesai/Done sebagai tanda bahwa pengaturan email sudah selesai.
    4. Tekan tombol back dan pilih Isyarat pesan/message alert untuk memilih nada dering email masuk sesuai seleramu.
      Jika udah, tekan tombol back lagi untuk mencoba kirim email.
  4. Saatnya menulis email:
  5. Buka inbox email, tekan Terima dan kirim/Send and receive.
    Jika bisa connect ke server dan ada isyarat email masuk, tandanya kamu telah sukses melakukan pengaturan email client di ponselmu. Dan kamu sekarang sudah bisa terima dan kirim email menggunakan ponsel semudah menerima dan mengirim pesan SMS.
  6. Enjoy Email Client............



INSTANT MESSAGING

 


            Internet mengubah cara manusia berkomunikasi. Di dalamnya, ter dapat e-mail yang menjadi bentuk komunikasi yang paling cepat diadopsi oleh manusia. Kurang dari dua dekade silam, hanya segelintir orang yang menggunakannya. Sekarang, hampir setiap orang menggunakan e mail untuk berkomunikasi.
Namun kita harus mengakui, kadang-kadang e-mail masih belum cukup. Anda mungkin tidak tahu, bila orang yang akan dikirimi e-mail sedang online pada saat yang bersamaan. Satu lagi, bila ingin membalas atau meneruskan e-mail kepada orang lain, Anda harus melakukan beberapa
langkah yang dinilai kurang efisien. Oleh karena itu,instant messaging (IM) menjadi begitu populer sebagai alternatif berkomunikasi. Dengan IM, Anda dapat memasukkan orang-orang yang kerap berinteraksi dalam daftar kontak. Pesan dapat dikirimkan setiap saat kepada siapa pun yang masuk dalam daftar kontak, baik mereka dalam keadaan online maupun offline. Bila orang tersebut keadaan online, dia dapat langsung membaca dan mebalas pesan Anda. Semua dapat dilakukan secara real-time, dan lebih responsif.

Cara Kerja IM


Sebagian besar software IM terdiri dari dua komponen: software server dan client. Sebagian program IM dapat dioperasikan melaluiweb browser, namun kebanyakan membutuhkan instalasi software client di PC. Sementara software server menyimpan direktori pengguna, dan bekerja sebagai perantara lalu-lintas komunikasi. Dengan kata lain, setiap karakter pada IM berjalan (route) melalui server. Server juga memiliki kemampuan untuk menyimpan dan mengirimkan pesan offline, yang dikirimkan kepada pengguna bila sedang tidak terkoneksi pada server IM. Ketika pengguna tersebutlogin, pesan yang tersimpan untuknya di server akan ditampilkan di jendela client IM. Server biasanya segera menghapus pesan tersebut, setelah dikirimkan kepada pengguna yang telah online. Pengguna yang sedang online dapat mengatur opsi statusnya, apakah akan dicatat dalam keadaan aktif pada direktori IM atau tetap dalam keadaan offline (invisible). Meski tercatat dalam keadaan offline, pengguna yang invisible tetap dapat mengirim dan menerima pesan. Pengguna juga biasanya dapat mengatur status lainnya, sepertibusy,do not disturb idle, dan lain-lain. Software client yang terinstal di PC di konfigurasi untuk melakukan koneksi tertentu kepada server. Identitas pengguna dimasukkan ke dalam software client saat akan melakukan koneksi. Server akan mengenali pengguna dari username yang unik, dan password. Bila menggunakan PC bersama, hindari menyimpan username dan password pada software client. Saat koneksi berhasil,server akan mencatat pengguna dalam keadaan aktif (kecuali bila pengguna mengganti statusnya). Selanjutnya, status orang-orang yang tercatat dalam daftar kontak pun ditampilkan. Pada saat ini, pengguna sudah dapat mengirimkan dan menerima pesan melalui IM.

Transfer File dan Streaming Berbeda dengan file teks, jenis file lain yang dikirimkan melalui IM (misalnya dokumen, gambar, musik, dan lain-lain) biasanya tidak melalui server. Jadi, kedua pengguna yang akan bertransaksi terkoneksi langsung secarapeer-to-peer, dan keduanya harus dalam keadaan online. Bila salah satu koneksi terputus, proses pengiriman fi le otomatis dibatalkan, dan harus diulang dari awal. Selain mengirimkan pesan teks dan file, pengguna juga dapat mengirimkan dan menerima audio dan video streaming. Pengiriman dan penerimaan audio streaming sama dengan prosesVoice over Internet Protocol (VoIP). Sedangkan pada pengiriman dan penerimaan video streaming, proses yang terjadi sama dengan video conference menggunakan webcam. Baik audio maupun video streaming, keduanya ditransfer secara real-time antar-client sehingga server tidak menyimpan fille-file tersebut, meski lalu-lintas data tetap melalui server. Beberapa software IM memasukkan fungsionalitas tambahan yang me- mungkinkan beberapa pengguna berinteraksi secara serentak. Fungsi ini biasanya disebut discussion atau meeting Keunggulan dan Kelemahan Di balik setiap keunggulan pasti terselip kelemahan. Kelemahan yang paling nyata dari IM adalah tidak tersimpannya data di server. Setiap data yang telah terkirim, baik data teks,fi le, maupun streaming, akan segera terhapus dari server. Hanya data teks saja yang bisa disimpan dalamlog komputer lokal. Selain itu, pengiriman data non- teks mengharuskan pihak-pihak yang sedang bertransaksi dalam keadaan online. Pengiriman data pun rentan mengalami kegagalan, bila salah satu koneks i Internet pengguna mengalami gangguan. Gangguan koneksi akan semakin besar, bila IM digunakan untuk bertransaksi data dengan banyak pengguna lainnya secara simulatan atau lalu-lintas data dalam keadaan sibuk. Jadi, bijak-bijaklah dalam memilih modus komunikasi. Bila ingin mengirimkan data penting yang ingin didokumentasi, sebaiknya Anda menggunakan e-mail daripada IM. Sebaliknya, bila data yang dikirimkan membutuhkan respons yang cepat, dan tidak perlu didokumentasi, IM tetap jauh lebih unggul daripada e-mail.
Setelah melihat fakta tersebut, yang ada di pikiran kita tentunya adalah bagaimana caranya menggantikan fungsi SMS dengan menggunakan GPRS. Salah satu cara adalah dengan menggunakan teknologi instant messaging seperti misalnya Yahoo! Messenger, MSN Messenger atau Jabber.
Salah satu aplikasi instant messaging populer yang tersedia untuk beberapa ponsel adalah Agile Messenger. Dengan aplikasi ini saya biasa berkomunikasi dengan rekan saya dengan menggunakan jaringan GPRS, dan bukan SMS yang sebenarnya jauh lebih mahal.
Kelebihan-kelebihan menggunakan instant messaging melalui GPRS ketimbang SMS adalah:
  • Jauh lebih murah
  • Penyedia layanan selular yang digunakan oleh lawan bicara tidak perlu memiliki perjanjian interkoneksi dengan penyedia layanan yang saya gunakan. Ini penting untuk mengirim dan menerima SMS dari luar negeri.
  • Agile Messenger memiliki fitur pengiriman gambar dan suara pada beberapa ponsel populer tertentu.
Sedangkan kekurangan-kekurangannya adalah:
  • Instant messaging memiliki overhead untuk mempertahankan koneksi. Pengalaman saya, jika sama sekali tidak dipakai untuk mengirim dan menerima pesan, akun Yahoo! dengan daftar kontak sebanyak 6 orang akan membutuhkan transfer data kurang lebih 5-10 KB/hari menurut catatan yang ada pada Agile Messenger. Walaupun demikian, 10 KB hanyalah setara dengan satu kali pengiriman SMS.
  • Sinyal GPRS tidak tersedia di semua tempat.
  • Tidak semua ponsel bisa menggunakan instant messaging
  • Ketidakbiasaan menggunakan aplikasi yang berbeda untuk berkomunikasi
Berikut adalah beberapa tips dari saya bagi anda yang ingin mencoba berkomunikasi dengan cara ini.
  • Gunakan Yahoo! Messenger. Yahoo! Messenger adalah layanan yang paling populer digunakan di Indonesia. Rekan-rekan anda tidak akan kesulitan jika ingin mendaftarkan akun baru.
  • Pisahkan akun untuk keperluan digunakan di komputer dan akun untuk digunakan pada ponsel. Anda tidak perlu menggunakan akun Yahoo! yang sudah penuh itu untuk keperluan ini.
  • Sebaiknya rahasiakan akun ini dan hanya anda berikan ke rekan-rekan yang menggunakannya pada ponsel juga. Daftar kontak yang panjang akan memperbesar overhead koneksi anda, sehingga biaya yang akan anda keluarkan akan menjadi lebih mahal. Selain itu, ini juga untuk menghindari pengiriman pesan masal dan undangan ‘arisan’ setiap jam 4 sore ;).
  • Periksalah status koneksi dari waktu ke waktu. Pada beberapa ponsel tertentu (misalnya Nokia 9300), terkadang Agile Messenger tidak dapat mengulangi koneksi secara otomatis jika terputus.
  • Bawalah sebanyak mungkin installer Agile Messenger untuk bermacam-macam jenis ponsel, terutama versi untuk ponsel-ponsel populer seperti Nokia Series 60 & Nokia Series 80. Ini penting jika anda ingin mengajak rekan anda berkomunikasi dengan cara ini. Anda cukup mentransfer versi yang dibutuhkan oleh rekan anda melalui infra merah atau Bluetooth dan tidak perlu menyuruh rekan anda untuk mendownloadnya sendiri.

Konfigurasi Gaim Instant Messaging client:
  1. masuk ke program Gaim
  2. klik pada tombol accounts kemudian add
  3. protocol = Jabber
screen name = [user id anda]
server = [nama server]
resource = Gaim
klik pada show more option
connect server = [IP ejabberd server]
proxy type = no proxy
lalu tekan tombol save
  1. kembali masuk ke program gaim kemudian login

  1. maka akan tampil list user id yang sudah terdaftar






Tidak ada komentar:

Posting Komentar